Minggu, 07 September 2014

Wisdom Teeth. Si Bungsu yang Merepotkan.


Hai Sahabat Teleporters! Udah lama yaa nggak ngepost hahaha. Terlalu banyak topic dan bahan yang pengen di post hahah XD. Oke! Kali ini saya akan ngepost sasuatu yang agak berbeda. Berawal dari iseng-iseng streamingan “The Return of Superman” di Youtube tiba-tiba nemu video tentang “Wisdom Teeth”. Karena penasaran lalu saya search di Google dan nemu. Menarik banget buat di Share mumpung keinget XD. Heheheh.


Jadi  apa sih yang dimaksud dengan Wisdom Tooth ?
Wisdom Tooth atau di Indonesia dikenal sebagai gigi geraham bungsu. Gigi ini tumbuh biasanya antara rentang umur 17 – 25 tahun (itu kenapa dinamakan wisdom tooth, karena diumur itu biasanya orang mulai mendapat wisdom/kebijaksanaan) nah pada saat tumbuh, biasanya menyebabkan sakityang luar biasa.. dan kita minta ke drg. Untuk dicabut. Setelah dicabut, makan kita biasa saja... ga ada yang berubah..artinya gigi itu ga berguna.  TERUS BUAT APA HARUS TUMBUH!

Lalu apa saja yang dapat diakibatkan oleh Wisdom Tooth yang bermasalah ?
Masalah-masalah yang dapat diakibatkan adalah:
• radang gusi
• pipi bengkak
• infeksi tulang
• kista
• tumor
• gigi didepannya berlubang
• gigi tidak rapi
• sakit pada wajah
• sakit kepala
• pegal pundak dan tengkuk
• gangguan telinga
• gangguan leher dan
• tenggorokan
• dan lain-lain
ngeri woy -_-

 Terus bagaimana cara mengatasi Wisdom Tooth yang bermasalah ?
Cara untuk mengatasinya tergantung dari masing-masing kasus, salah satunya dengan mengangkat gigi tersebut.
Pengangkatan itu sendiri bisa dengan pencabutan biasa tapi seringkali dengan tindakan operasi kecil.

Kapan waktu yang tepat untuk mengangkat gigi ini?
Waktu yang tepat adalah pada saat berusia 16-18 tahun walaupun gigi ini belum menimbulkan masalah.
Ini disebabkan karena pada usia muda pengangkatan gigi ini lebih mudah dan lebih cepat sembuh. Sedangkan bila usia di atas 40 tahun, terdapat resiko komplikasi dan proses penyembuhannya juga lebih lama.

Kalau gigi saat ini tidak bermasalah apakah perlu dilakukan tindakan juga?
Walaupun gigi ini tidak menimbulkan masalah, sebaiknya gigi ini segera diangkat karena biasanya gigi tersebut akan menimbulkan masalah pada saat-saat yang tidak diinginkan (seperti pada saat ujian, masa kehamilan, atau pernikahan).
Apakah efek samping dari operasi gigi ?
Setelah operasi akan terjadi pembengkakan di sekitar daerah operasi kurang lebih 5 hari dan rasa kurang nyaman untuk menelan. Namun ini merupakan reaksi penyembuhan tubuh yang normal.
Bagaimana kalau gigi tersebut tidak diangkat ?
Jika Wisdom Tooth yang bermasalah ini tidak diangkat maka masalah-masalah yang sudah disebutkan tadi dapat muncul satu per satu dan bila semakin lama dibiarkan akan semakin berat.
Lalu apa yang harus saya lakukan sekarang ?
Kami sarankan bagi kamu yang berusia 15-16 tahun, untuk segera mengkonsultasikan keberadaan Wisdom Tooth kamu kepada dokter gigi untuk dapat pejelasan yang lebih detil agar penanganannya tidak terlambat.
Dan bagi kamu yang sudah berusia diatas 16 tahun, masih belum terlambat, oleh karena itu, segera konsultasikan gigi kamu.

Nah! Gimana Sobat? Udah tau kan? jadi gimana nih pendapat kalian? :D
Tunggu kami di postingan berikutnya yaa~

Update : Berdasarkan pertanyaan Dr. Huda, mengenai indikasi di US prosedur pengangkatan sudah merupkn kegiatan rutin pada saat check up ke dokter gigi umur 18-20 th di lakukan pemeriksaan radiologis, bila terlihat tumbuhnya bakalan  miring maka di jadwal operasi tanpa menunggu keluhan, mungkin ini salah satu sebab mulut orang bule jarang yg maju kek tukul ya hehehe…(Hallo Kl, mau tak operasi?) Klo di Indo biasanya klo sudah menggangu baru ke dokter. 

13 komentar:

Unknown mengatakan...

Sumpah yoo.. niate kangen njup buka blog'e portal, eh malah maca artikel iki marai aku nge-down. Kenopo yo mbuh getah bening, mbuh impaksi ujung-ujunge kon operasi... :'D aku rada syedihh.. :v :v *ALAY sori :v

Unknown mengatakan...

@yolla :sabar jolll.. kita sama nasibnyaahhh.. '-'/// tp semua pasti udah sama pada jalannya masing2. kita harus kuat! kita harus sabar. :D

jodi mengatakan...

sedikit info, gigi molar ketiga ane juga dicabut pas ane usia 19an dan ane nyesel, karena sebenernya gigi itu gak pernah bikin masalah apa-apa..
sekarang ane baru tau setelah baca buku ini (http://www.amazon.com/gp/offer-listing/0916764206/ref=dp_olp_all_mbc?ie=UTF8&condition=all) yg isinya sesuai judulnya karena setelah berkeluarga ane pengen menuhin nutrisi lengkap anak ane supaya dijauhkan dari sakit & rumah sakit, malah nemu artikel ttg gigi molar ketiga ini..

saran ane sih, konsul dulu ke dokter gigi, baiknya diapain, karena ga semua gigi molar ketiga musti dicabut..
kalo punya tulang rahang yg panjang & jarak antar gigi yg renggang, justru munculnya molar ketiga gak usah dicabut tapi dirapiin aja..

dan kalo punya anak ato ponakan yg masih balita, tolong orangtuanya disaranin utk merhatiin nutrisi anaknya, karena hampir sebagian besar masalah kesehatan yg dialami saat dewasa (kecuali faktor genetik), adalah akibat jangka panjang dari kacaunya asupan nutrisi kita waktu kecil..

Unknown mengatakan...

Kaa mau nanya, kalau uda usia 19 tahun perlu dicabut ya wisdom toothnya?

Unknown mengatakan...

Kaa mau nanya, kalau uda usia 19 tahun perlu dicabut ya wisdom toothnya?

Unknown mengatakan...

Alahmakk,.. Macam itupun nasib awak kali ni brayy. Hari ini baru mau di operasi, ngeri-ngeri sedap. Berasa mau naik rooler coaster. Wkkwkk. #padahaltegang

Anonim mengatakan...

Aku umur 18..dan tibatiba sakit dan bengkak di salah satu wisdom teeth..pengen konsul tp takut langsung dicabut :(

Unknown mengatakan...

Jangan dibiarkan terlalu lama ya, soalnya makin lama malah makin sakit cabutnya juga makin susah

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Saya juga br control ke dokter. Awalnya hnya keluhan gusi sebelah kiri atas bengkak.tp bukan di bagian wisdom teeth nya, wisdom teethnya baik2 aj. setelah dokter check semua giginya. Ternyata ada 2 wisdom teeth yg hrs diambil. Usia sya saat ini 30th. Udh telat bgt yaa taunya bahaya wisdom teeth ini. Saat ini msh menunggu jadwal operasi si wisdom teeth nya. Oh iya aq ijin save and shate gambarnya yaa? Lucu buat dshare di sosmed. Mungkin aj msh byk org2 yg ga tau seperti aq. Tq

Unknown mengatakan...

Hemmmmmm....

Unknown mengatakan...

Hemmmmmm....

Anonim mengatakan...

Berbagi pengalaman. Saya mengalami keluhan seperti di sebutkan diatas sakit kepala leher tegang sering pegal pundak dan tengkuk dll awalnya ga tau penyebabnya apa. Sampai akhirnya dokter menyarankan xray mulut saya dan baru ketahuan kalo ada gigi bungsu di dlm gusi salah satunya tumbuhnya miring. Setelah di operasi semua keluhan saya hilang. Oh ya saya operasi udh umur 25

Posting Komentar